Terima Kasih Atas Kunjungannya. Bagi Anda yang Ingin Menyetorkan ZIS, Silakan Klik di Laman Contacts

Kamis, 29 November 2012

ZAKAT DAN MANFAATNYA YANG BESAR

Zakat telah di wajibkan ke atas umat Islam yang memenuhi syarat-syaratnya. Ia mempunyai hikmah dan tujuan yang banyak, di antaranya ialah:  

1. Membantu umat Islam yang Fakir dan Miskin serta meringankan beban mereka. 
  
Setiap orang Islam dituntut untuk saling tolong menolong dan bantu membantu antara satu sama lain, justru itu zakat merupakan satu bentuk bantuan orang-orang kaya (aghniya) kepada orang-orang fakir dan miskin selaras dengan firman Allah SWT  “Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir dan miskin...” (QS. At-Taubah (9): 60) 

2.      Merapatkan Jurang Pemisah di kalangan Anggota Masyarakat. 

a.       Pemberian zakat secara langsung menjadikan golongan kaya (aghniya) merasa bersimpati dan bermurah hati untuk membantu orang-orang miskin. 
b.      mengeratkan lagi hubungan silaturrahim antara golongan berada (aghniya) dan golongan miskin (mustahik). 
  
3.      Zakat Sebagai Sumber Pembangunan Masyarakat  

Pendayagunaan zakat akan dapat merapatkan dan mempererat antara golongan yang berada (aghniya) dan golongan yang dhaif (mustahik). Ini secara langsung akan dapat mewujudkan semangat persaudaraan dan seterusnya dapat membina satu masyarakat Islam yang kuat dan bersatu padu. 

4        Sebagai Syukur atas Nikmat Allah SWT

Orang-orang yang mampu hendaklah merasa bersyukur atas harta kekayaan, kemewahan dan kesenangan hidup yang dikaruniakan oleh Allah SWT. Yang demikian salah satu cara untuk menunjukkan tanda kesyukuran nikmat tersebut adalah dengan mengeluarkan zakat. 

5.      Membersihkan Hati dari Kebakhilan. 

Dengan berzakat dapat mendidik manusia supaya menjadi manusia (insan) yang pemurah dan sekaligus dapat mengikiskan sifat tamak, kikir, dan bakhil yang selaras dengan firman Allah SWT. 

“Sesekali jangan orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karunia-Nya menyangka bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang bakhilan itu akan dikalungkan kelak dilehernya di hari kiamat. Dan kepunyaan Allah lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”  (QS. Ali Imran (3): 180 ) 

6.      Mensucikan Harta  

Dalam mencari harta kemungkinan, harta yang diperoleh dari jalan yang tidak bersih (halal) dan dari sumber haram dan syubhat, oleh karena itu setiap umat Islam yang memenuhi syarat wajib mengeluarkan zakat supaya dapat menyucikan harta tersebut selaras dengan firman Allah SWT :  “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka.”  (QS. At-Taubah (9): 103 ) 

7.      Menyuburkan Harta 

Orang-orang yang mengeluarkan zakat akan dapat menyuburkan hartanya. Firman Allah SWT  “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu.”  (QS. Ibrahim (14): 7) 
  
Semoga dengan sedikit tulisan ini mengingatkan kembali kepada kita akan sebuah kewajiban yang mungkin belum kita laksanakan sebagaimana mestinya, yaitu membayar zakat.

Dan semoga Allah SWT memberikan kemudahan serta kekuatan kepada kita dalam menjalankan segala perintahNya dan menjauhi laranganNya. Dan akhirnya kita ditempatkan di sisiNya pada tempat yang setinggi-tingginya di akhirat nanti. Amin. Wallahu a’alam bishshawab.

sumber : http://pangerans.multiply.com/journal/item/182/Penting-Hikmahnya-Berzakat...Yukkkk-?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem

Tidak ada komentar :

Posting Komentar